WooCommerce Quickstart

Berikut ini quick start guide untuk dapat menggunakan toko online anda. Dari product management mulai dari pengelolaan kategori produk dan penggunaan attributes, menambahkan produk, juga pengelolaan order, laporan penjualan, juga penggunaan coupon code.

Product Management – Dengan woocommerce, ada beberapa tipe produk yang bisa kita kelola. Dari yang simpel seperti, misalnya menjual kacamata yang hanya memiliki satu ukuran / all size, warna dan modelnya sudah jelas, dijual dengan harga sekian. Itu simpel, produknya tidak memiliki variasi seperti misalnya pada produk baju.

Baju atau celana misalnya, merupakan produk yang memiliki beberapa variasi, seperti; ukuran, ada beberapa ukuran seperti S, M, L atau XL. Ada juga variasi warna, hitam, putih, merah, dan seterusnya. Bisa juga masing-masing ukuran, untuk kaos ukuran XL lebih mahal dari pada ukuran S, dan seterusnya. Itu contoh beberapa variasi yang dimiliki sebuah produk.

Secara umum ada empat tipe produk yang bisa kita kelola menggunakan woocommerce, yaitu:

  1. Simple Product – Tipe simple product seperti yang sudah dijelaskan di atas, digunakan untuk produk-produk yang tidak memiliki variasi.
  2. Grouped Product – Merupakan kumpulan produk-produk terkait yang dapat dibeli terpisah. Misalnya saja menjual hardisk eksternal, dengan merk WD tipe ini, ada berbagai ukuran, mulai dari 250GB, 500GB, dan 1TB misalnya.
  3. External / Affilate Product – Untuk menjual produk-produk yang di jual di tempat lain tetapi kita tampilkan di toko online kita. Misalnya kita menjual produk-produk dari Amazon, kita mengelola produknya dengan menggunakan tipe external/affilate product ini.
  4. Variable Product – Tipe variable product digunakan untuk produk-produk yang memiliki banyak variasi seperti sudah dijelaskan sebelumnya, misalnya baju, celana, bisa juga sepatu, dan sebagainya.

Dari keempat tipe manajemen produk tersebut, yang biasa dan banyak digunakan untuk kita mengelola toko online sebenarnya hanya tipe simple product dan variable product. Selanjutnya akan kita bahas satu per satu.

Kategori Produk & Attributes

Category Products dan Attributes dapat ditambahkan langsung pada saat akan menambahkan produk baru. Akan tetapi, akan lebih bagus dan bisa kita organisasikan dengan baik kalau kita kelola terlebih dahulu sebelum mulai menambahkan produk.

Untuk mengelola kategori produk dapat langsung menuju ke ProductsCategories.

Add product categories

Add product categories

+ Attributes

Fungsi dasar dari attributes digunakan untuk menambahkan informasi tambahan yang lebih teknis, seperti spesifikasi misalnya. Selain sebagai informasi tambahan, penggunaan attributes ini dapat mempermudah dalam pencarian katalog produk.

Lebih lanjut, fungsi attributes ini sangat penting untuk pengelolaan variable products.

Menambahkan Produk

Menambahkan produk di woocommerce sebenarnya sangat simple, silakan menuju ProductsAdd Product terlebih dahulu. Berikut ini penampakannya, dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Add new product

Add new product

 

 

  • Judul Produk
  • Content – Merupakan deskripsi panjang (kalau ada), nanti ditampilkan di dalam tab sendiri di bawah gambar produk
  • Product Short Description – deskripsi singkat tentang produk, ditampilkan di samping gambar produk.
  • Product Category – Kategori produk
  • Product Gallery – Apabila ingin menampilkan beberapa gambar produk
  • Featured Image – Gambar utama yang ditampilkan sebagai gambar produk
  • Product Data – Ini dia manajemen produknya 😀

Judul produk, Content, sampai Featured Image dan Product Gallery cukup jelas ya.

Featured Image – Featured image merupakan gambar utama dari produk. Cara memasangnya, pada saat menambahkan produk baru, menu untuk menambahkan featured image ada di sebelah kanan bawah. Tinggal pilih Select Featured Image – upload gambarnya, kemudian pilih Set As Featured Image.

Product Gallery – Product gallery digunakan untuk menampilkan gambar lain dari sebuah produk apabila ada lebih dari satu gambar yang ingin ditampilkan. Lokasi menu Add Product Gallery berada tepat di atas Select Featured Image. Pilih gambar mana saja yang ingin dimasukkan dalam product gallery dengan menahan tombol Ctrl, dan pilih Add to Gallery.

Selanjutnya kita bahas tentang Product Data yang merupakan tempat kita mengatur produk-produk yang kita jual.

Product Data

Product data merupakan bagian dimana kita akan melakukan pengaturan terhadap data dan/atau kriteria produk kita yang jual, seperti SKU, harga, berat produk yang kita jual, dan seterusnya.

Mulai dari yang pertama, Simple Product dengan beberapa Options di dalamnya;

+ General Tab
Simple product - general tab

Simple product – general tab

SKU – Stock Keeping Unit, merupakan kode unik yang digunakan untuk melacak produk. Penting untuk online shop dengan jumlah produk yang sangat besar.

PriceRegular Price untuk harga normal, sedangkan Sale Price untuk harga diskon

+ Inventory Tab

 

Simple product - inventory

Simple product – inventory

Di sini kita bisa mengelola ketersediaan produk, seperti berapa unit produk yang tersedia, juga pilihan apakah bisa melakukan backorders saat produk sedang kosong. Jumlah produk yang tersedia akan berkurang setiap ada order / pembelian dengan online cart, sehingga dapat diketahui dengan mudah berapa stok yang tersedia.

+ Shipping Tab

 

Simple product - shipping

Simple product – shipping

Di menu Shipping, kita mengatur berat dan dimensi produk. Untuk dapat menggunakan auto JNE shipping, anda harus selalu memasukkan berat produk agar langsung dapat dihitung berapa ongkos kirimnya.

Auto JNE shipping menggunakan satuan kilogram untuk penghitungannya.

+ Linked Products Tab
Simple product - linked products

Simple product – linked products

Up-Sells dan Cross-Sells digunakan untuk mempromosikan produk lain. Berbeda dengan related product yang secara otomatis menampilkan produk-produk yang terkait (biasanya berdasarkan kategori), dengan Up-Sells atau Cross-Sells anda dapat menentukan secara manual produk-produk apa yang akan ditampilkan bersama produk utama.

Berikut ini penampakan dari penggunakan Up-Sells / Cross-Sells. Produk-produk yang dipilih akan tampil pada “You May Also Like …”

11-product-data-upsell

Upsell display

 

Apa bedanya Up-Sells dengan Cross-Sells? Up-Sells tampil di halaman detail produk, sedangkan Cross-Sells tampilnya di halaman cart. Jadi, kalau untuk Cross-Sells, tujuannya untuk mempromosikan produk lain sesuai barang yang ingin dia beli. :D

Cross-sells dislpay

Cross-sells dislpay

+ Attributes Tab
Simple product - attributes

Simple product – attributes

Attributes digunakan untuk memberikan atribut pada tiap-tiap produk. Biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan suatu produk, misal; untuk pakaian, berdasarkan ukuran, warna, dan sebagainya. Penggunaan attributes sangat lekat dengan produk tipe variable product, selanjutnya untuk penggunaan attributes dalam variable produk akan kita bahas tersendiri.

+ Advanced Tab
Simple product - Advencecd

Simple product – Advencecd

Andvanced tab berisi pilihan-pilihan tambahan;

  • Purchase Note – Pilihan untuk memberikan pesan khusus terhadap customer setelah melakukan pembelian.
  • Menu Order – Mengatur posisi / urutan produk.
  • Enable Reviews – Memperbolehkan customer untuk memberikan reviews terhadap produk yang dijual.

Menambahkan Simple Product

Simple Product — Menambahkan simple product sangat mudah. Langkah-langkahnya, silakan menuju ProductsAdd Product. Kemudian isikan judul/nama produk, deskripsi panjang (kalau ada) dan deskripsi pendek, pilih kategorinya, dan setting gambar produk yang diinginkan. Sama seperti yang kita ambil contoh di bagian Menambahkan Produk tadi, setelah itu tinggal mengisi data dan kriteria produk pada Product Data seperti dijelaskan sebelumnya.

Menambahkan Variable Product

Variable Products – Variable products merupakan fitur yang digunakan untuk mengelola produk dengan berbagai variable, dengan stok masing-masing, bisa juga dengan harga yang berbeda. Misalnya untuk produk kaos; kaos dengan model/desain A, kita membuat kaos tersebut dalam 4 ukuran, dari S sampai dengan XL, dengan harga kaos ukuran XL lebih mahal daripda ukuran S, M dan L.

Contohnya bisa dilihat di sini, *link_demo*. Dengan fitur produk variabel ini kita dapat membuat harga yang berbeda antara kaos ukuran S dengan XL. Bagaimana cara melakukannya?

Langkah pertama silakan ke Products — Add Product, kemudian isi data-data yang diperlukan seperti judul/nama produk, gambar, deskripsi dan keterangan lain yang diperlukan. Selanjutnya pada bagian Product Data, pilih tipe produknya ke Variable Product

+ General Tab
12-variable-general

Variable product – General

 

Isikan SKU produknya, Cost of Good Sold nya kalau ada, kemudian ke tab Inventory;

+ Inventory Tab
Variable product - Inventory

Variable product – Inventory

Checklist Manage Stock, untuk mengaktifkan stock management. Selanjutnya Stock Quantity-nya isikan saja 0 (nol), karena nanti jumlah stok-nya akan kita atur di masing-masing variable product. Selanjutnya ke tab Shipping;

+ Shipping Tab
Variable product - Shipping

Variable product – Shipping

Apakah masing-masing variable product memiliki berat untuk pengiriman yang berbeda-beda? Kalau semuanya sama, anda dapat mengisikannya langsung di sini. Misalkan produk kaos, berat antara kaos ukuran S, M, L dan XL untuk pengirimannya kan tidak ada banyak perbedaan, anda dapat memasukkannya langsung di sini. Misalnya berat untuk pengirimannya 0,350 kg.

+ Linked Products
Variable product - Linked products

Variable product – Linked products

Silakan atur produk-produk yang ingin anda masukkan sebagai Up-Sells dan/atau Cross-Sells. Jika anda tidak memerlukan Up-Sells/Cross-Sells, anda dapat membiarkan bagian ini tetap kosong. Selanjutnya langsung saja ke tab Attributes.

+ Attributes Tab
Variable product - Attributes

Variable product – Attributes

Di sini tempat kita untuk mengatur attributes apa saja yang digunakan sebagai variasi produk kita. Anda bisa menggunakan Global Attributes yang sudah dikelola/dipersiapkan sebelumnya, atau menambahkan attributes tersendiri (Custom Product Attribute) untuk produk tersebut. Kemudian pilih Add.

Pada contoh gambar di atas, sebelumnya sudah diset global attributes, ada attributes Warna dan attributes Size. Warna ada bermacam-macam, dari merah, putih, hitam, biru, dan sebagainya, tinggal pilih saja nanti yang sesuai produknya. Sedangkan untuk attributes Size, ukuran diset antara S, M, L atau XL.

Bagian penting; Jangan lupa untuk memberikan tanda checklist atau centang tanda Used for Variations, kemudian Save Attributes. Selanjutnya, kita ke tab Variation.

+ Variation Tab
Variable product - Variations

Variable product – Variations

Di tab Variation ini, kita bisa mulai menambahkan variasi produk dengan Add Variation (untuk menambahkan variasi produk satu per satu), atau pilih Link All Variation untuk secara otomatis membuat semua kemungkinan variasi produk.

Link All Variation akan secara otomatis membuat semua kemungkinan variasi produk. Contohnya pada gambar ini, variasi pertama adalah ukuran M, L dan XL, dengan variasi warna Hitam dan Putih. Maka dengan Link All Variation akan membentuk 6 (enam) variasi produk; yaitu kaos warna hitam ukuran M, L, dan XL, juga kaos warna putih ukuran M, L dan XL. (Pada gambar saya potong, hanya saya tampilkan 3 (tiga) teratas saja)

Nah, selanjutnya anda dapat mengisi data-data tiap-tiap variasi. Misalnya, Kaos Hitam ukuran L ada berapa stoknya, kaos Putih ukuran XL ada berapa stok yang tersedia, kemudian harga tiap-tiap produk variasi tersebut sama atau ada perbedaan untuk tiap ukuran, bisa kita tentukan sendiri.

Termasuk gambar untuk masing-masing produk juga bisa kita atur. Jadi nanti kalau customer memilih kaos warna putih, gambar yang ditampilkan juga kaos warna putih, demikian juga kalau memilih kaos warna hitam, :D

Hasil akhirnya? Ini dia.

Front-end variable product

Front-end variable product

Pada halaman detail produk, akan ada pilihan Size dan Color dengan data (stok dan harga) masing-masing. Pada contoh tersebut, harga normal Rp 85ribu, tetapi untuk ukuran XL secara otomatis akan menjadi Rp 90ribu.

Thanks, selesai sudah untuk Variable Products.

 

+++ Featured product
+ Sales report
+ Order
+ Coupon
+ Shipping (JNE)
+ Product reviews

No comments yet.

Leave a Reply